09 Januari, 2009

Ayah Syafril selalu hidup di hati kami

10 Muharram 1430 *Rabu,7 Januari 2009* pukul 18.10

Selesai Sholat maghrib , hapeku berbunyi , Abba *Ayahku* calling .
Abba : "kak , ada berita duka , Ayah Syafril meninggal tadi sore jam 4 , tolong beritahu teman-teman kakak !"
Aku : "innalillahi wa inna illahi rojiun , meninggal di mana ba ? Di rumah sakit ya ?"
Abba : "iya , tolong kabari teman-teman kakak ya . Abba sekarang sedang menuju rumah duka ."

Seketika air mataku mengalir , mengalir semakin deras . Ayah Syafril kami telah tiada .
Ku cari nama uul dari phonebuk , tekan call . Tidak di angkat . Ku cari nama sapi , call . Di angkat .
Sapi : "kenapa way ?"
Aku : "sap , ayah syafril meninggal ."
Sapi : "seriusan ? Kapan ? Innalillahi wa inna illahi roji'un."
Aku : "tadi sore jam 4 di rumah sakit ."
Sapi : "kita doain way"
Aku : "..............."
Sapi : "way"
Aku : "..............."
Sapi : "sabar ya way , jangan nangis , kita doain yah"
Aku : "iya , sap , gw nyesel , nyesel banged . Lo tolongin gw ya sebarin sms k temen-temen , tadi gw nelpon uul tapi gak di angkat".
Sapi : "iya , gw juga nyesel way . Ok , gw sms-in".

Masih terekam di kepalaku , dari kecil aku kenal beliau , beliau adalah sahabat ayahku . Sejak kecil ayahku selalu mengajak kami untuk bersilaturahmi ke rumah beliau , terutama saat idul fitri . Aku , abang , dan dede memanggil beliau dengan sebutan ayah , atau ayah pulo gadung atau ayah syafril . Ibu , istrinya ayah syafril selalu membuatkan rendang yang enak , selalu menyuruhku untuk mengambil mainan yang kusuka dari warungnya .

Sampai tiba saatnya aku belajar di 13 . Aku berharap dan sangat ingin di ajar beliau . Begitu kelas 3 soc 1 , aku mendapat wali kelas bunda Delfina *bunda tersayang di 13* , dan mendapat guru ekonomi akuntansi ayah syafril .

Bagi kami , social 1 , Ayah syafril bukan hanya sekedar guru , tapi beliau adalah ayah kami . Beliau mengajar dengan hati , mengajar dengan senyuman , mengajar dengan wibawa . Mengajar bukan hanya sekedar tugas , tapi sebagai ibadah . Mengajar untuk kami , anak-anak beliau . Mengajar tidak hanya menyuruh mencatat , menghafal , tetapi beliau membuat kami melakukan sesuatu , yang membuat kami senang . Bagi ayah syafril , ekonomi , kami , dan mengajar adalah segalanya . Pernah suatu hari , di hari terakhir kami belajar di kelas sebelum menghadapi uan . Beliau meminta kami maju satu per satu ke depan kelas untuk mengucapkan sekedar sepatah dua kata perasaan kami yang sebenarnya selama belajar ekonomi bersama beliau di kelas ini , boleh tentang teman di kelas , hal yang paling disenangi atau dibenci di kelas , boleh permintaan maaf kepada seseorang yang ada di kelas ini , suka duka belajar ekonomi dengan beliau , apapun itu termasuk cara mengajar beliau .
Ketika ke-36 isi dari soc 1 selesai bicara di depan kelas , beliau turun dari bangkunya , berdiri dan berkata , "kalian tau , kenapa saya meminta kalian untuk melakukan hal tadi ? saya ingin tau , bagaimana perasaan kalian selama 1 tahun saya ajar , agar kekurangan saya nantinya bisa saya perbaiki" , aku dan seisi kelas melihat mata beliau sudah berkaca-kaca , lalu beliau menghapus air matanya dan berucap lagi "karena 3 tahun lagi saya pensiun , saya ingin di tahun-tahun terakhir bisa melakukan hal yang lebih baik untuk murid-murid saya nantinya setelah kalian lulus , hidup saya adalah mengajar , saya sangat cinta mengajar , saya cinta kelas ini , sekolah ini , saya cinta kalian . Jadilah orang yang berguna".

Seisi kelas hening , aku menangis , kami menangis .

Ayah Syafril merupakan satu-satunya guru di kelas kami yang rela menitikkan air mata untuk kami . Air mata yang menangisi waktu yang terus berjalan dan semakin tidak bersahabat bagi kami untuk saat itu , karena begitu cepat dan mudahnya memisahkan kami , meskipun hanya memisahkan jarak .

Dan kini , saat aku belum sempet melihat keadaan beliau saat sakit , waktu datang lagi untuk benar-benar memisahkan kami dengan ayah kami tercinta , memisahkan kami untuk selama-lamanya . Allah swt telah memanggil beliau di usianya yang ke 60 .

Pada malam itu , aku membuka phonebuk-ku , kulihat masih tertera nama Ayah.Syafril di situ , seketika aku ketik sms .

To :
Ayah.Syafril
(+628128385502)

Message :
Ayah Syafril . Selamat Jalan
Ilmu yang Ayah amalkan akan selalu ada di hati kami , murid-
murid Ayah . Terimakasih Ayah . Terimakasih Guruku tercinta .
Kami sayang Ayah Syafril . Doa kami selalu teriring untuk Ayah .


Send .

Aku memandangi kamarku , kulihat gitar tanpa senar milik Abang *gitar yang ia titipkan kepadaku* . Gitar itu sudah berdebu , kukirim sms ke Abang.
Aku : "bang , gitar lo yang ada di kamar gw ini , gitar yang dikasih ke elo dari Ayah Syafril kan? itu waktu lo kelas berapa bang?"
Babang : "kelas 3 smp put , lo bersihin yah."
Aku : "iyah."


Hoaaaa , jadi semakin sedih !


Untuk Ayah Syafril , ayah akan selalu hidup di hati kami . Selamat jalan Ayah syafril , guru kami tercinta , kami sayang Ayah . Doa kami selalu teriring untuk Ayah . Kenangan bersama Ayah selalu aku tanam , senyuman Ayah selalu nampak hingga kami sukses . Putri sayang Ayah .

2 komentar:

Wulandari mengatakan...

dwi..aku sedih membacanya..
ga pernah diajarin ama beliau,tapi pas baca blg lo..baik bgt ya orangnya..tadi gw ampe nangis loh..hiks2..

btw..
dwi,gw bru bikin blog ni,ajarin ya,ga ngerti,dapet backgroud kayak punyamu gmn?lucu..

Anonim mengatakan...

aku juga amatiran land

land , link blog akuh yah !